China Blokir Total Wikipedia

Rabu, 15 Mei 2019 12:53:00
BAGIKAN:
Net/Ilustrasi

RIAUPEMBARUAN.COM - China dilaporkan telah memperluas pemblokiran mereka terhadap Wikipedia. Hal ini diketahui dari temuan para peneliti sensor internet.

Kini, seluruh versi bahasa dari situs tersebut tak lagi bisa diakses di Negeri Tirai Bambu. Sebelumnya negara pimpinan Xi Jinping itu hanya memblokir Wikipedia versi Bahasa China saja.

Wikimedia, selaku organisasi di balik WIkipedia, mengaku tidak mendapat imbauan apa-apa dari pemerintah China. Mereka hanya dapat memastikan kebenaran dari temuan pada peneliti sensor internet tersebut.

"Pada akhir April, Wikimedia Foundation memastikan bahwa Wikipedia tak lagi bisa diakses di China. Setelah melakukan analisis lebih lanjut pada laporan trafik internal kami, kami dapat memastikan bahwa Wikipedia saat ini diblok pada seluruh versi bahasa," ujarnya, seperti detikINET kutip dari BBC, Rabu (15/5/2019).

China memang sempat beberapa kali dilaporkan memblokir Wikipedia. Bahkan, mereka juga punya situs serupa dengan platform tersebut.

Bernama The Encyclopaedia of China, situs tersebut fokus pada ilmu pengetahuan, budaya, sejarah, hingga pencapaian teknologi yang telah dilakukan di negara tersebut. Website itu mulai beroperasi pada 2018 lalu.

Selain China, Turki dan Venezuela juga melakukan hal yang sama. Secara berurutan, mereka memberlakukan pemblokiran tersebut pada 2017 dan 2018.

Lebih lanjut, pada 2014, Rusia juga mengumumkan versi alternatif dari Wikipedia. Niatan tersebut bertujuan untuk memberikan informasi yang lebih baik mengenai negara pimpinan Vladimir Putin itu.* (dtc/red)

Editor: Suhadi

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • iPhone 11 Pakai Layar Serupa Galaxy Note 10?

    RIAUPEMBARUAN.COM - Samsung selalu menggunakan layar berkualitas tinggi di seri Galaxy Note, termasuk Galaxy Note 10. Dan A

  • Facebook Bakal 'Ganti Nama' WhatsApp dan Instagram

    RIAUPEMBARUAN.COM - Sejak mengakusisi, Facebook terus melakukan perubahan pada WhatsApp dan Instagram. Bahkan nama keduanya

  • Tips Memanfaatkan Smartwatch untuk Anak-anak

    RIAUPEMBARUAN.COM - Jam tangan pintar untuk anak-anak saat ini sedang jadi tren, terutama di kalangan siswa sekolah dasar d

  • Jaga Akun WhatsApp, Jangan Sembarang Instal

    RIAUPEMBARUAN.COM - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menyebut WhatsApp, sebagai platform terbuka, memiliki kerentanan te

  • KOMENTAR
    situspoker situspoker