• Home
  • Tajuk Rencana
  • Proyek Air Bersih Dumai Rp233 Miliar Mangkrak, Apakah Rp400 Miliar Terulang Lagi?

Kerjasama PT Adaro dan Adhi Karya

Proyek Air Bersih Dumai Rp233 Miliar Mangkrak, Apakah Rp400 Miliar Terulang Lagi?

Rabu, 15 Mei 2019 22:13:00
BAGIKAN:
Istimewa
Groundbreaking Proyek Air Bersih Dumai dengan nilai Rp400 Miliar.

RIAUPEMBARUAN.COM - Empat tahun masa jabatan Walikota Dumai, Drs H. Zulkifli, AS dan Wakil Walikota Dumai, Eko Suharjo, 20 program prioritas diantaranya air bersih untuk masyarakat yang belum terealisasi.

Mangkraknya, pembangunan infrastruktur air minum kota Dumai ditetapkan melalui Perda Nomor 24 Tahun 2007, dilaksanakan dengan sistim tahun Jamak 2008-2011, sumber dana APBD Dumai dengan pagu anggaran Rp233.921.108.450,00.

Berdasarkan surat Perintah Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Nomor : Print-84/F.2/Fd.1/11/2016, tanggal 08 November 2016 tentang dugaan tindak pidana Korupsi dalam proyek kegiatan jaringan Air bersih di Kota Dumai tahun anggaran 2008 sampai dengan Tahun Anggaran 2011, hingga saat ini belum ada satupun pejabat terjerat hukum.

Dana cukup besar itu belum jelas ujung pangkalnya, proyek air minum kembali digelar oleh PT Adaro Energy Tbk (ADRO) mengembangkan bisnis air bersih. Melalui anak usahanya PT Adaro Tirta Mandiri (ATM) perusahaan tengah melebarkan bisnis air bersihnya.

Presiden Direktur Adaro Energy Garibaldi Thohir mengatakan, pihaknya melihat potensi yang masih besar dalam industri penyediaan air bersih ini. Oleh karena perusahaan semakin serius menggarapnya.

"Ya harus serius, karena seperti juga power, kita merasa terpanggil juga. Pertama kebutuhan air bersih di Indonesia sangat minim dan air itu kebutuhan dasar manusia," ujarnya di Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Wakil Presiden Direktur Adaro Power Dharma Djojonegoro mengatakan, ATM baru saja menandatangani Perjanjian Kerjasama (PKS) untuk menggarap air bersih di Dumai. Proyek itu digarap bersama dengan PT Adhi Karya Tbk.

"PKS dengan Adhi Karuya itu 15 April kemarin. Kami 45%, dia mayoritas," ujarnya dikutip riaupembaruan.com berita detikcom.

Proyek tersebut bernilai sekitar Rp400 miliar. Proyek itu juga bekerjasama dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) setempat dengan skema bangun, guna, dan serah (build, operate & transfer/BOT).

Rencananya proyek pembangunan pengolahan air di Dumai itu ditargetkan tahun ini. Kapasitasnya sekitar 200 liter per detik.

Saat ini ATM sudah memiliki 3 pengolahan air di Gresik, Banjar dan Sampit. Gresik sekitar 400 liter per detik, Banjar 500 liter per detik dan Sampit akan dinaikan menjadi 300 liter per detik.* (jk/red)

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • 32 Tim Berlaga di Turnamen Futsal Cup II MPC PP Dumai

    RIAUPEMBARUAN.COM - Turnamen Futsal Cup II Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila (MPC PP) dibuka secara langsung oleh Ke

  • Saat Warga Dumai Demo Golden Zone, King Zone Tetap Buka?

    RIAUPEMBARUAN.COM - Aksi unjuk rasa merupakan menyuarakan pendapat terhadap satu hal yang dinilai suasana tidak kondusif. K

  • Berikut Tiga Nama Calon Sekda Kota Dumai

    RIAUPEMBARUAN.COM - Hasil seleksi akhir calon sekretaris daerah (Sekda) Kota Dumai akhirnya keluar. Nama tiga orang pejabat

  • Wisuda Angkatan Pertama, PJC Dumai Juga Menggelar Seminar Jurnalistik Mahasiswa

    RIAUPEMBARUAN.COM - Lembaga Pendidikan Wartawan, Pekanbaru Journalist Center (PJC) Kota Dumai akan menggelar wisuda angkata

  • KOMENTAR