Bandar Bakau Dumai Tergerus Oleh Waktu

Selasa, 15 Januari 2019 11:10:00
BAGIKAN:
Istimewa
Gerusan Abrasi terus mengikis perlahan Bandar Bakau di Dumai

RIAUPEMBARUAN.COM - Mutiara Pantai Timur Sumatera menjadi primadona bagi perusahaan raksasa membangun sepanjang bibir pantai di Kota Dumai, Provinsi Riau tanpa memikir efek lingkungan.

Kebijakan pemerintah untuk menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), apakah seiring dengan dampak lingkungan yang semakin hari memperburuk keadaan laut Dumai.

Sekitar 200 meter hutan manggrove di Dumai ambruk di terjang abrasi dikarenakan gelombang air laut terpusat ke Bandar Bakau, jika tidak diselamatkan sepuluh tahun mendatang kawasan tersebut hanya tinggal kenangan.

Penggiat lingkungan Darwis, pengelola Bandar Bakau Dumai menyebutkan saat ini gelombang air laut terpusat menghantam Bandar Bakau.

"Ini akibat kiri dan kanan Bandar Bakau sudah diturap oleh pabrik, sehingga efeknya pukulan gelombang mengarah kesini dan membuat terjadinya abrasi di kawasan ini," kata Darwis, Selasa (15/1/2019).

Darwis yang merupakan pengurus Pecinta Alam Bahari (PAB) Kota Dumai juga menjelaskan, dalam sepeluh tahun mendatang Bandar Bakau akan habis oleh gelombang laut.

"Untuk menyelamatkan hutan bakau ini perlu ditanam 60 ribu batang manggrove, jika tidak ini hanya tinggal kenangan," katanya kembali.

Disebutkannya juga, pihaknya juga telah mempersiapkan seluruh bibit baru manggrove yang akan ditanam secara rapat untuk menyelamatkan kawasan tersebut.

"Kita sudah mempersiapkan seluruh batang manggrove yang dibutuhkan untuk menyelamatkan hutan ini, dan akan ditanam pada hari Hutan Sedunia bulan Maret mendatang," katanya.

Penulis: Iwan

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Pesan Mendiang Ayah Jadi Motivasi, Pipo Kelahiran Dumai Bersama Timnas Indonesia

    RIAUPEMBARUAN.COM - Wafatnya Ayahanda secara mendadak bagai petir di siang bolong bagi Filippo Inzaghi, penggawa Timnas Fut

  • Lantai Jembatan Perbatasan Rohil-Dumai Rusak Parah

    RIAUPEMBARUAN.COM - Lantai jembatan KM 14 Bangsa Aceh dekat perbatasan Rohil-Dumai di Kepenghuluan Mumugo, Kecamatan Tanah

  • BNN Amankan 50 Kg Sabu dan 23 Ribu Butir Pil Ekstasi di Dumai

    RIAUPEMBARUAN.COM - Badan Narkotika Nasional berhasil menggagalkan penyelundupan narkotika jenis Sabu jaringan internasiona

  • Proyek Air Bersih Dumai Rp233 Miliar Mangkrak, Apakah Rp400 Miliar Terulang Lagi?

    RIAUPEMBARUAN.COM - Empat tahun masa jabatan Walikota Dumai, Drs H. Zulkifli, AS dan Wakil Walikota Dumai, Eko Suharjo, 20

  • KOMENTAR
    situspoker situspoker