• Home
  • Rohil
  • Pemkab Tetapkan Kalender Destinasi Wisata Rohil

Pemkab Tetapkan Kalender Destinasi Wisata Rohil

Selasa, 11 Juni 2019 14:57:00
BAGIKAN:
Net/Ilustrasi

RIAUPEMBARUAN.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) merasa bersyukur karena pulau dan danau yang ada di Negeri Seribu Kubah dipromosikan menjadi destinasi wisata oleh Pemprov Riau. Salah satu yang diprimosikan yakni pulau yang terletak di perbatasan perairan Malaysia seperti Pulau Jemur, Pulau Batu Mandi, Tokong, dan Pulau Arwah serta pulau kecil lainnya.

Demikian disampaikan Kadispora Rohil H Ali Asfar SSos MSi, baru-baru ini di Bagansiapiapi. "Seluruh event yang ada akan dipromosikan dan didorong ke permukaan, dan yang tidak kalah pentingnya adalah ritual Bakar Tongkang (RBT) yang sudah masuk dalam Kalender Nasional yang pada tahun ini dilaksanakan pada tanggal 17-19 Juni mendatang," kata Ali Asfar.

Menurutnya lagi, Event Atib Koambai juga cukup dikenal dan mudah berkembang untuk dipromosikan ketingkat Nasional. Hal ini dikarenakan event tersebut menyangkut dengan budaya warisan Melayu.

"Dalam rangka mempromosikan destinasi wisata tentunya kita Pemkab Rohil sudah melakukan kerjasama dengan Pemkab Siak dan Pemprov Riau. Untuk itu kita minta peran serta dari masyarakat agar bersama-sama untuk mengangkat potensi yang ada di daerah," harapnya.

Dilanjutkan Ali Asfar, adapun nama event dan jadwal pelaksanaan kalender of event nasional yakni Cheng Beng (Sembahyang kuburan) tanggal 26 Maret hingga 5 April. Dimana event ini lebih dikenal dengan istilah warga Tionghoa balik kampung dari berbagai daerah dan penjuru.

Kemudian Festival Atib Koambai yang digelar tanggal 8 Juni di Kecamatan Kubu, Festival Bakar Tongkang tanggal 17-19 Juni, dan Bagan Haritage tanggal 18 Juni. Selanjutnya Festival Bujang Dara tanggal 21-27 Juni.

Sedangkan Festival Pulau Tilan lanjut Ali Asfar ditetapkan pada tanggal 5-7 Juli di Kecamatan Tanah Putih. Festival Danau Naoangga tanggal 19-20 Agustus di Kecamatan Tanjung Medan. Dan terakhir adalah Festival Rohil Bersenandung yang ditetapkan tanggal 1-5 Oktober," terang Ali Asfar.* (hlc/red)

Editor: Rezi AP

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • APBD-P 2019 Rohil Rp2,4 Triliun, Bupati Sampaikan Nota Keuangan RAPBD 2020

    RIAUPEMBARUAN.COM - Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Rokan Hilir, Jumat (30/8/2019) malam, jam 23.30 Wib, mengesahkan Anggar

  • Bupati Suyatno Minta PNS Tingkatkan Tanggung Jawab dan Pelayanan Masyarakat

    RIAUPEMBARUAN.COM - Bupati Kabupaten Rokan Hilir H Suyatno AMP menyerahkan secara simbolis Surat Keputusan(SK) diberikan ke

  • Bupati Rohil Suyatno Buka Bimtek Pemilu 2019

    RIAUPEMBARUAN.COM - Bupati Rokan Hilir H Suyatno, membuka bimbingan teknis (Bimtek) Pemungutan dan Penghitungan Suara pemil

  • Jumat Bersih, 40 Orang Petugas DLH Rohil Diturunkan

    RIAUPEMBARUAN.COM - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Rokan Hilir bersama, Camat, Lurah, Kepolisian serta warga,mengadakan k

  • KOMENTAR