Riau

Curah Hujan Tinggi di Riau, Warga 7 Daerah Rawan Banjir Diminta Waspada

Redaksi Redaksi
Curah Hujan Tinggi di Riau, Warga 7 Daerah Rawan Banjir Diminta Waspada
Net/Ilustrasi

RIAUPEMBARUAN.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah memetakan daerah rawan banjir. Hal ini menyusul tingginya intensitas curah hujan di wilayah Riau.

"Wilayah rawan banjir sudah kita petakan. Daerahnya masih sama dengan tahun lalu," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, H Edwar Sanger dilansir berita dari Cakaplah, Jumat (8/11/2019).

Dia menyampaikan, daerah rawan banjir mulai dari Kampar kemudian ke arah selatan masuk ke Pelalawan, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir dan Kuansing.

"Kalau Kampar arah utara itu Rokan Hulu yang setiap tahun menjadi langganan banjir," sebut mantan Penjabat Walikota Pekanbaru ini.

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat khususnya yang tinggal di Daerah Aliran Sungai (DAS) untuk waspada, sehingga ketika hujan deras dan air datang sudah siap siaga.

"Kita juga sudah koordinasi dengan BPBD kabupaten/kota untuk siaga. Bahkan pak Gubernur juga sudah mengeluarkan surat edara ke bupati dan walikota untuk siaga banjir mengingat Riau memasuki musim penghujan," cakapnya.

Selain daerah itu, lanjut Edwar, Kota Pekanbaru juga menjadi perhatian pihaknya. Sebab dengan kondisi yang fluktuatif Pekanbaru sering kali tergenang air saat hujan.

"Pekanbaru banjirnya itu karena genangan air yang tak jalan sebagaimana mestinya. Makanya kita minta normalisasi sungai-sungai yang mengalami pendangkalan, termasuk drainase yang kotor, sehingga puncak musim hujan air tidak menggenang," pintanya.*

Editor: Suhadi

Penulis: Redaksi


Tag:BanjirBerita RiauRawan Banjir