• Home
  • Politik
  • Sayap PDIP Resmi Bawa Pemberitaan Soal Hasto Ke Dewan Pers

Sayap PDIP Resmi Bawa Pemberitaan Soal Hasto Ke Dewan Pers

Kamis, 16 Januari 2020 11:08:00
BAGIKAN:

RIAUPEMBARUAN.COM - Organisasi sayap PDI Perjuangan, Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) berkunjung ke Dewan Pers pada Rabu (15/1).

Rombongan yang dipimpin Sekjen DPN Repdem Wanto Sugito, datang untuk melaporkan salah satu berita Kantor Berita Politik RMOL.

Berita yang diadukan berisi tentang dugaan keterlibatan Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto dalam kasus suap Komisioner KPU Wahyu Setiawan.

Berita itu berjudul "Saeful Bahri Akui Sumber Duit Suap Untuk Komisioner KPU Berasal Dari Hasto" yang tayang pada Jumat 10 Januari 2020, pukul 03.56. Repdem menganggap berita tersebut telah merugikan partai banteng.

Wanto Sugito mengurai bahwa aduan dilakukan guna menjaga nama baik PDI Perjuangan.

"Dalam berita itu ada justifikasi judul, framing, penggiringan opini yang tidak terkonfirmasi dan menyudutkan PDI Perjuangan," kata Wanto, di Gedung Dewan Pers.

Lebih lanjut, Wanto beranggapan bahwa pemberitaan terkait OTT Komisioner KPU Wahyu Setiawan tersebut mengandung fitnah, abai pada kode etik jurnalistik, sehingga menyudutkan PDI Perjuangan.

"Dalam UU Pers tegas diatur pers tidak boleh fitnah dan harus kedepankan asas praduga tidak bersalah," ungkap Wanto.

Sebagai barang bukti, Wanto menyerahkan salinan pemberitaan tersebut kepada Dewan Pers.

"Maka kami melapor kepada Dewan Pers untuk dugaan pelanggaran etiknya dan akan melapor ke Polda Metro Jaya untuk dugaan pelanggaran pidananya," tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua Dewan Pers Hendry CH Bangun, berjanji akan mengkaji terlebih dahulu pemberitaan yang diadukan.

Hendry berujar, Hasil kajian Tim Analisa Dewan Pers akan disampaikan pada Jumat 24 Januari 2020 dengan menghadirkan perwakilan DPN Repdem dan perwakilan dari RMOL.ID.

"Pekan depan pukul 09.00 kita sampaikan lagi, termasuk kami akan panggil perwakilan media yang diadukan," tutur Hendry.*

 

Editor: Rezi AP

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • PDI-P Riau Buka Penjaringan Bacalon Pilkada 2020

    RIAUPEMBARUAN.COM - PDI Perjuangan terus melakukan persiapan menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 di

  • Megawati Ketum Terlama Partai dan Jatah Menteri

    RIAUPEMBARUAN.COM - Pengukuhan berjalan mulus melalui aklamasi peserta kongres dari 514 DPC dan 34 DPD se-Indonesia. Bertem

  • PDI-P Riau Akan Gelar Konferda 14 Juli di Pekanbaru

    RIAUPEMBARUAN.COM - PDI-P provinsi Riau akan menggelar Konferda pada Ahad (14/7/2019). Demikian dikatakan Sekretaris DPD PD

  • Konfercab PDIP Dumai, 5 PAC Sepakat Usulkan Kembali Uber Firdaus

    RIAUPEMBARUAN.COM - Lima Pimpinan Anak Cabang (PAC) PDIP Kota Dumai bersepakat mengusulkan kembali, Uber Firdaus sebagai Ke

  • KOMENTAR