KPU Dumai Mulai Pelipatan Surat Suara

Selasa, 12 Maret 2019 12:51:00
BAGIKAN:
Net-Ilustrasi

RIAUPEMBARUAN.COM - Satu bulan menjelang proses pemungutan suara serentak tahun 2019, Komisi pemilihan umum (KPU) Kota Dumai mulai melakukan pelipatan dan penyortiran surat suara.

Pelipatan dan penyortiran surat suara ini dilaksanakan mulai Selasa (12/2/2019) di gudang penyimpanan logistik KPU Dumai yang berada di Jalan Soekarno-Hatta, Kelurahan Bukit Batrem, Kecamatan Dumai Timur.

Rencananya pelipatan surat suara ini akan selesai selama 10 hari kedepan sehingga pihak KPU akan melakukan koreksi terhadap hasil penyortiran dan pelipatan surat suara tersebut.

"Hari ini hingga 10 hari kedepan kita masuk dalam tahap pelipatan dan penyortiran surat suara untuk pemilu serentak yang akan dilaksanakan pada 17 April bulan depan," ujar ketua KPU Dumai, Darwis.

"Sebanyak 150 masyarakat kita libatkan dalam proses pelipatan dan penyortiran surat suara ini yang kita bagi dalam 30 kelompok. Dimana sebanyak 928.302 surat akan kita lipat termasuk surat suara tambahan jika terjadi pemungutan ulang (PSU)," tambah ketua KPU.

Dimana surat suara yang dilipat tersebut terdiri dari surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden, surat suara pemilihan anggota DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/kota dan surat suara anggota DPD RI, terang Darwis.

Nantinya setiap surat suara yang rusak baik itu robek maupun terkena tinta  sehingga menyebabkan timbul tanda maka akan kita pisahkan sebagai surat rusak atau cacat, tambah Darwis.

Sementara Badan Pengawas Pemilihan umum (Bawaslu) Kota Dumai akan terus melakukan pengawasan dan pemantauan proses pelipatan dan penyortiran surat suara ini.

"Selama proses pelipatan surat suara ini akan terus kita pantau dan kita monitoring sehingga tidak terjadi kesalahan yang nantinya akan menghambat proses pemilihan," ujar salah seorang komisioner Bawaslu Kita Dumai Supratman.

"Seluruh petugas penyortiran dan pelipatan surat suara yang ditunjuk KPU harus hati hati, selektif, cermat dan teliti selama melaksanakan proses pelipatan dan penyortiran surat suara," pinta Supratman.

Penulis: Sarwadi

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Penetapan KPU Dumai Soal PSU Dinilai Janggal

    RIAUPEMBARUAN.COM - Dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Dumai
  • KPU Ingatkan Sanksi Berat Pelaku Serangan Fajar

    RIAUPEMBARUAN.COM - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman mengingatkan peserta pemilu, termasuk capres dan cawap

  • KPU dan Bawaslu Sinergi Bersama Wartawan di Dumai Sukseskan Pemilu 2019

    RIAUPEMBARUAN.COM - Mempererat jalinan silaturahmi serta bersinergi dalam mensukseskan Pemilu 17 April 2019 mendatang, Jaja

  • Komisioner KPU Kabupaten dan Kota se-Riau Dilantik di Bandung

    RIAUPEMBARUAN.COM - Bertempat di Hotel Interconintal, Bandung, komisioner KPU Kabupaten/Kota di Riau periode 2019-2024 resm

  • KOMENTAR
    situspoker situspoker