Peristiwa

Polres Siak Amankan 29,620 Kg Ganja Kering Siap Edar

admin admin
Polres Siak Amankan 29,620 Kg Ganja Kering Siap Edar

RIAUPEMBARUAN.COM - Jajaran Polsek Tualang dan Satnarkoba Polres Siak berhasil menangkap tersangka peredaran narkotika jenis ganja di Kecamatan Tualang Kabupaten Siak.

Dalam penangkapan itu Polisi menyita narkotika jenis ganja sebanyak 29,620 kg senilai Rp87 juta di empat lokasi berbeda dengan tiga orang tersangka.

"Ganja kering seberat 29,620 kg berhasil diamankan dengan menangkap tiga orang tersangka di Kecamatan Tualang," ujar Kapolres Siak AKBP Doddy F Sanjaya Didampingi Kapolsek Tualang Kompol Pribadi dan Kasat Narkoba AKP Jailani kepada wartawan di Mapolres Siak, Sabtu (15/2/20).

Dia menjelaskan, pengungkapan narkotika jenis ganja tersebut berasal dari daerah Kelok 9 Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat yang siap diedarkan.

"Adapun para tersangka yakni OS (32), AN (33) dan SM (32) ketiganya berperan sebagai bandar yang merupakan warga Perawang," papar Doddy.

Kapolres Siak menjelaskan penangkapan tersebut berdasarkan informasi dari masyarakat pihaknya kemudian menidaklanjuti laporan tersebut pada Kamis, 13 Februari 2020 dilakukanlah penangkapan tersangka OS di Jalan M Yamin, Kelurahan Perawang oleh Polsek Tualang serta barang bukti 1 paket narkotika jenis ganja.

"Dari penangkapan OS lalu pihaknya melakukan pengembangan dan diamankan kembali ganja milik tersangka OS seberat 3 kg, pengakuan tersangka mendapatkan barang tersebut dari AN," terang Kaporles Siak.

Kemudian jajaran Polsek Tualang berhasil mengamankan AN di Jalan Pipa dengan barang bukti ganja kering sebanyak 4 paket dengan berat 4 kg yang disembunyikan di semak-semak di Jalan Pipa Kelurahan Perawang.

Dari pengakuan tersangka AN, barang tersebut didapat dari SM kemudian dilakukan pengembangkan dengan menangkap pelaku SM di Jalan Pemda dengan barang bukti sebanyak tiga paket ganja kering.

Para pelaku mengaku masih ada rekannya lagi yang memiliki paket ganja tersebut. Kemudian dilakukan pengejaran di rumah pelaku yang disebut para tersangka di Kampung Perawang Barat, Kecamatan Tualang.

Namun sayang, pelaku berhasil kabur dan hanya ditemukan dua karung berisikan masing-masing 10 paket ganja kering yakni 19 paket utuh dan 1 paket pecah yang disimpan dirumah.

Lanjut Kapolres, para tersangka adalah para resedivis dan salah satunya pernah menjadi narapidana kasus penganiayaan dan pencurian.

“Untuk barang bukti narkotika jenis ganja seberat 29,6 kg tersebut berpotensi dapat merusak 1.000 orang penyalah guna Narkotika, tegas Kapolres Siak AKBP Doddy F Sanjaya.

Para pelaku dan barang bukti kini diamankan di Polres Siak untuk pengembangan lebih lanjut.

Atas perbuatan para pelaku dikenakan pasal 114 ayat 2 dan pasal 111 ayat 2 Undang-Undang RI No 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman pidana mati, pidana seumur hidup atau penjara 6 tahun dan paling lama 20 tahun.*

Editor: Iwan Iswandi