Otomotif

Mobil Kembaran Alphard Ini Harganya Cuma Setara Innova

admin admin
Mobil Kembaran Alphard Ini Harganya Cuma Setara Innova
Net/Ilustrasi

RIAUPEMBARUAN.COM - Bagi sebagian kaum jetset, kendaraan mahal kerap dijadikan lambang kemewahan. Di Indonesia, kalangan berpenghasilan besar yang sudah berkeluarga umumnya membeli mobil penumpang dengan status premium. Salah satu produk yang acap mereka pilih, ialah Toyota Alphard.

Sudah sejak lama mobil dengan harga semiliar itu digunakan para pejabat dan tokoh publik yang hendak bepergian dari satu lokasi ke lokasi lain. Tampilan mobil MPV itu pun sangat mudah dikenali, yakni tubuhnya yang bongsor dengan emblem khusus di bagian depan dan belakang.

Secara detail, menurut laman resmi Toyota Indonesia, dikutip Jumat 20 Maret 2020, harga Alphard saat ini berkisar Rp1,02 miliar hingga Rp1,93 miliar. Namun menariknya, di China, ada mobil MPV yang tampilannya sangat menyerupai Alphard, namun harga yang ditawarkan hanya setara Innova, yakni Rp300 jutaan.

Seperti diberitakan Car News China, mobil yang disebut-sebut sebagai Alphard KW itu merupakan produk lansiran Guangzhou Auto (GAC) yang menyandang nama Trumpchi GM8. Sepintas, tampilannya memang menyerupai Alphard, terutama di bagian dimensi, serta gril berbahan krom yang dibuat cukup tegas. Selain itu, lampu depannya juga dirancang sama-sama memicing tajam.

Tak berhenti di situ, Trumpchi GM8 juga menggunakan pintu geser layaknya Alphard. Tapi menariknya, MPV China itu telah dipasangkan sunroof pada bagian atap, serta kursi captain seat yang nampak cukup mewah.

Sayangnya, secara tenaga, GM8 masih berada jauh di bawah Toyota Alphard. Sebab, mobil itu hanya menganut kapasitas mesin 2.000cc bertansmisi enam-percepatan DCT dengan muntahan tenaga maksimum 201 hp, sedang Alphard sendiri mengusung kapasitas 3.500cc untuk varian tertinggi yang tenaganya mencapai 296 hp.

Namun menariknya, secara fitur, GM8 tak bisa dianggap remeh. Bayangkan saja, di bagian interior telah ditanamkan layar multimedia berukuran sembilan inci serta berbagai tombol kendali di konsol tengahnya. Kemudian tersedia juga dua layar hiburan di kursi depan yang mengarah ke belakang. Persis seperti yang ditemukan pada Toyota Alphard.

Lalu, bagasinya juga bisa dibuka secara otomatis dengan hanya mengandalkan ketukan kaki. Kendati tak seluas Alphard, namun ruang simpan itu bisa digunakan untuk memuat beberapa barang bawaan seperti koper dan juga tas.

Secara keseluruhan, GM8 memang tidak sebaik Toyota Alphard. Tapi di luar itu, mobil bertubuh bongsor tersebut nampak cukup mewah jika digunakan untuk kegiatan harian. Selain itu, ruangnya yang lega juga membuat pengemudi serta penumpang merasa lebih nyaman saat berada di dalamnya.

Editor: Suhadi