• Home
  • Nasional
  • Sudah 7 Kloter Jemaah Calon Haji Riau Tiba di Tanah Suci

Sudah 7 Kloter Jemaah Calon Haji Riau Tiba di Tanah Suci

Jumat, 12 Juli 2019 15:04:00
BAGIKAN:
Net/Ilustrasi

RIAUPEMBARUAN.COM - Hingga Kamis (11/7/2019) kemarin, Jemaah Calon Haji (JCH) kloter 1 sampai 7 asal Riau tiba di tanah suci.

Artinya masih ada lima kloter yang masih berada di tanah air dan bersiap untuk diberangkatkan. Yakni kloter 8 hingga kloter 12 Riau.

Saat ini yang sedang berada di Asrama Haji Riau adalah kloter 8 Riau. Mereka merupakan JCH asal Kabupaten Rohil dan Kampar.

Mereka masuk di Embarkasi Haji Antara Riau, Kamis (11/7/2019) pukul 09.00 WIB dan akan diterbangkan ke Jeddah Arab Saudi, Jumat (12/7/2019) pukul 10.00 WIB melalui Bandara Hang Nadim Batam.

Selanjutnya, yang akan masuk ke Asrama Haji, Jumat (12/7/2019) pagi, giliran JCH kloter 9 Riau asal kabupaten Pelalawan dan Kampar.

"Seperti biasa mereka masuk ke asrama jam 9 pagi. Kemudian jam 11 malam meninggalkan kamar asrama. Selanjutnya pukul 03.00 dini hari diantar ke bandara SSK II Pekanbaru dan pukul 04.00 WIB subuh diterbangkan ke Batam. Pukul 10 pagi, baru diterbangkan ke Madinah," kata Kabid Haji Kemenag Riau, H Erizon.

Dia menjelaskan, sejauh ini proses pemberangkatan JCH asal Riau melalui Embarkasi Haji Antara Riau berjalan lancar dan tidak ada kendala yang berarti. Termasuk soal barang bawaan yang dibawa oleh para JCH.

Dikutip tribun, petugas juga belum menemukan ada barang terlarang yang ditemukan di koper JCH Riau.

"Sampai hari ini saya belum mendapat laporan JCH kita yang membawa barang yang terlarang yang disita oleh pegawai kita. Termasuk dari pihak maskapai juga belum menemukan ada barang yang disita karena tidak layak untuk dibawa terbang," ujarnya.

Seperti diketahui, pada musim haji tahun ini sebanyak 5.359 JCH Riau yang diberangkatkan ke tanah suci.

Dari total JCH yang diberangkatkan pada musim haji tahun ini tersebut, diketahui ada 18 orang yang batal berangkat karena tidak melunasi biaya hajinya.

Sehingga total JCH yang diberangkatkan ke tanah suci tahun ini sebanyak 5.341 orang.

Seluruh JCH yang sudah tiba di Madinah juga dikabarkan dalam kondisi sehat.

Sebelumnya sempat dikabarkan ada satu CJH yang sempat dirawat di Klinik Kesehatan Ibadah Haji (KKIH). Namun kabar terbaru CJH tersebut sudah sehat dan sudah keluar dari KKIH.

"Alhamdullilah semua dalam kondisi sehat, kemarin ada yang sempat dirawat kondisnya sudah sehat dan keluar dari KKIH," kata Rialis, Ketua Kloter 1 Riau.

Saat ini, kata Rialis, JCH Riau sedang mengikuti kegiatan pembinaan persiapan menuju ke Mekah. Selain itu kegiatan ibadah lainya juga tetap dilaksanakan oleh para JCH Riau. Salah satunya adalah shalat arbain.

"Setelah subuh para JCH kita mengikuti pembinaan persiapan menuju Mekah di lantai 2 hotel Gulnar Taiba samping Baqi, sekitar 100 meter dari Masjid Nawabi," ujarnya.

Sementara, cuaca kemarin siang cenderung turun dibandingkan sehari sebelumnya yang sempat mencapai di angka 41 derajat celcius.

"Siang ini cuaca di Madinah berkisar 36 derajat," kata Rialis.* (hlc/red)

Editor: Suhadi

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Pelepasan JCH Asal Bengkalis Menuju Pekanbaru

    RIAUPEMBARUAN.COM - Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Bengkalis, Sabtu,(13/7/2019) sebelum subuh sudah berkumpul di me

  • Bank Indonesia: Temuan Uang Palsu di Riau Meningkat

    RIAUPEMBARUAN.COM - Sepanjang triwulan I/2019 Bank Indonesia (BI) menemuan uang tidak asli (upal/uang palsu) meningkat jika

  • Kuartal I 2019, Pertumbuhan Ekonomi Riau Meningkat

    RIAUPEMBARUAN.COM - Perekonomian Riau pada kirin waktu Januari - April 2019 mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Pada

  • Gubri Hadiri Pertemuan Gubernur se Sumatera

    RIAUPEMBARUAN.COM - Gubernur Riau H Syamsuar menghadiri rapat koordinasi para Gubernur se-Sumatera di Provinsi Bengkulu, ha

  • KOMENTAR
    situspoker situspoker