Meranti

Wabup Meranti Pimpin Musrenbang Rangsang Pesisir

Redaksi Redaksi
Wabup Meranti Pimpin Musrenbang Rangsang Pesisir

RIAUPEMBARUAN.COM - Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim memimpin musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Rangsang Pesisir, dalam kegiatan menghimun program prioritas Kecamatan dan Desa untuk direalisasikan di tahun 2021, bertempat di Kawasan Agro Wisata, Baran Raya, Desa Tenggayun Raya, Kecamatan Rangsang Pesisir, Senin (10/2/2020).

Dalam pengarahannya, Wakil Bupati menegaskan Wabup menegaskan kegiatan Musrenbang Kecamatan ini jangan hanya sekedar formalitas tapi benar-benar digunakan untuk menghimpun aspirasi Kecamatan dan Desa atas usulan pembangunan diwilayahnya masing-masing.

Yang terpenting menurut Wabup adalah untuk memastikan Anak Anak Tidak Kurang Gizi, Sekolah Layak dan Aksesbilitas Jalan-Jembatan Terbangun

"Kita akan memaksimalkan anggaran yang ada untuk kepentingan masyarakat, sesuai prioritas yang mendesak, jangan sampai kita tunggu atap sekolah roboh dulu baru dilakukan rehap, jembatan ambruk dulu, momen ini untuk menghimpun dan mencari solusi berbagai persoalan akan kita bawa kemana negeri ini," jelas Wabup.

Selanjutnya Wabup menegaskan dalam menyusun daftar pembangunan bukan hanya sekedar keinginan, dan bukan perkara gampang tapi butuh strategi agar apa yang dicita-citakan yakni terbangunya infrastruktur dan SDM Meranti yang berkualitas dapat terwujud.

"Pada dasarnya pembangunan itu adalah upaya kita untuk membangun fisik dan jiwa masyarakat," ujar Wabup.

Untuk itu Pemerintah harus dapat memastikan jiwa dan raga masyarakat terbangun dengan baik. Caranya dengan memastikan ibu hamil dan bayi lahir sehat dan tumbuh normal bebas stunting.

Untuk mewujudkan pembangunan Infrastruktur Jalan dan Jembatan, Fasilitas Gedung Sekolah, Penanggulangan Abrasi di Kecamatan Rangsang Pesisir membutuhkan dana yang sangat besar. Jika hanya mengharapkan dana Kebupaten sangat sulit, perlu dilakukan loby dana Provinsi dan Pusat untuk mendukung anggaran pembangunan.

Pada kesempatan itu juga disampaikan Pokok Pikiran Dewan DPRD Meranti yang dihimpun dari hasil reses di Kecamatan Rangsang Pesisir yang disampaikan Anggota DPRD Dapil III Al Amin.

Menurutnya, program yang harus diprioritaskan adalah bidang Infrastruktur yakni pembangunan penghubung jalan desa, pelabuhan perlu mendapat perhatian serius, Jalan Kayu Ara menuju Kedabu Rapat untuk mempermudah akses menuju Puskesmas, kemudian pencegahan abrasi, pembangunan rumah layak huni bagi masyarakat kurang mampu, rehap dan perbaikan sarana kesehatan seperti Polindes di Kedabu Rapat, Perbaikan Sarana Pendidikan SD-SMA, serta Gaji guru Honor, Rehab masjid dan Mushola, Sarana Olahraga, Sarana Kesenian, Fasilitas Air Bersih, Pengadaan Bibit Kelompok Petani.

Hal senada juga disampaikan anggota DPRD Meranti M Tartip yang meminta penyelesaian infrastuktur jalan Rangsang Pesisir-Rangsang dapat diseelsaikan diakhir periode Bupati-Wakil Bupati, Jalan Base bisa di Hotmix untuk mempersingkat waktu tempuh, menuntaskan abrasi misal reboisasi memanfaatkan ban bekas, begitu juga sarana pendidikan SMP 4 dan SD 10.

Terakhir dari laporan Kepala Bappeda Meranti Dr Makmun Murod mengatakan, peogram prioritas yang diusul pasa tahun 2021 yakni menumbukan industri hilir, membuka lapangan kerja dan nilai tambah produk, kesejahteraan sosial, akses layanan kesehatan dan pendidikan, menimgkatkan infrastruktur dasar penunjang oertumbuhan ekonomi, peningkatan kualitas lingkungan, tata kelola pelayan publik yang efektif dan efisien dengan mememanfaatkan IT.

"Jadi program yang diusulkan harus disinergikan dengan program prioritas Kabupaten ini," pungkas Murod.

Sekedar informasi dalam Musrenbang Kecamatan Rangsang Pesisir itu, Wakil Bupati Meranti H. Said Hasyim juga berkesempatan menyerahkan bantuan pemadam Kebakaran kepada Camar Arifuddin disaksikan anggota DPRD Meranti dan seluruh hadirin.*

Penulis: M Kosir

Penulis: Redaksi


Tag:Pemkab Meranti