• Home
  • Maritim
  • Terulang Lagi, Minyak Sawit PT IBP Dumai Tumpah, Pemko Dumai 'Diam'

Terulang Lagi, Minyak Sawit PT IBP Dumai Tumpah, Pemko Dumai 'Diam'

Kamis, 03 Oktober 2019 22:24:00
BAGIKAN:
Istimewa
Tumpahan minyak sawit milik PT IBP Dumai di drainase kawasan PT Pelindo I Dumai.

RIAUPEMBARUAN.COM - Perusahaan pengolahan minyak mentah kelapa sawit, PT Inti Benua Perkasatama (IBP) di Kota Dumai mengalami kejadian tumpahan minyak.

Kejadian itu terjadi pada Kamis (3/9/19) pagi di kawasan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I Cabang Dumai. Tumpahan minyak itu menutupi permukaan air di drainase dekat operasi PT IBP.

Humas PT Inti Benua Perkasatama, Sarmin tidak menampik adanya insiden tumpahan minyak tersebut. "Benar, minyak tumpah 100 kg," jawabnya ketika dikonfirmasi riaupembaruan.com, Kamis (03/10/19).

Dipertegas media ini terkait jumlah minyak yang tumpah, sebab sesuai informasi dilapangan jumlahnya cukup banyak, Sarmin mengatakan benar adanya. "Iya pak, sudah kita timbang minyak yang tumpah," jawabnya singkat.

Sementara pihak PT Pelindo Dumai Muhammad Syafei dikonfirmasi wartawan tidak mengetahui insiden tumpahan minyak dari perusahaan PT Inti Benua Perkasatama. "Sabar ya, saya cek dulu. Soalnya saya belum ada informasi," jawabnya.

Ketua Lembaga Penyuluhan Pembelaan Hukum (LPPH) Pemuda Pancasila, Eko Saputra, SH. CPL berharap kepada pemerintah Kota Dumai melalui instansi terkait untuk memberikan sanksi tegas kepada perusahaan yang kerap mengalami insiden tumpahan minyak.

"Sanksi lingkungan harusnya dijalankan. Begitu juga dengan perusahaan yang menyewakan lahan. Jangan ambil untung saja, tapi dampak lingkungan juga harus diperhatikan," katanya terpisah.

Menurutnya, selama ini pemerintah daerah belum pernah memberikan sanksi tegas kepada perusahaan yang lalai dalam menjalankan usahannya hingga mencemari lingkungan.

"Belum ada pemerintah daerah memberikan sanksi kepada perusahaan yang mengalami insiden tumpahan minyak. Coba sebutkan satu perusahaan yang mendapatkan sanksi tegas," tegasnya.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melalui Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup, Afdal mengatakan bahwa pihaknya sudah terima laporan ada insiden tumpahan.

"Benar, ada tumpahan anggota saya sudah cek lapangan dan saya lagi dinas luar, belum dapat laporan resminya," ungkap Afdal.

Sebagai data pendukung pasca tumpahan minyak terjadi, PT Inti Benua Perkasatama melakukan pembersihan di lokasi yang tercemar minyak tumpah dengan cara manual dan alat seadanya.* 

Penulis: Rezi AP

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Menteri KLHK Diminta Cabut Izin PT Meskom Bengkalis

    RIAUPEMBARUAN.COM - Pasca dicabutnya izin Perusahaan PT RAPP dalam melakukan eksploitasi kawasan tanah gambut o

  • PT Meskom Bengkalis Belum Diberi Sanksi Tegas

    RIAUPEMBARUAN.COM - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) ternyata belum memberikan sanksi tegas terhadap PT Meskom Agro

  • PT Meskom Bengkalis Buang Limbah Beracun

    RIAUPEMBARUAN.COM - Perusahaan PT Meskom Agro Sarimas (MAS) diduga melakukan pembuangan limbah beracun. Limbah

  • Dua Ormas Rohul Desak Izin PT EMA Dicabut

    RIAUPEMBARUAN.COM - Pasca tercemarnya Sungai Rokan akibat bocornya kolam limbah PKS PT Eluan Mahkota (EMA). Mem

  • KOMENTAR