• Home
  • Maritim
  • Sungai Petapahan Meluap, 180 Rumah di Kuansing Terendam

Sungai Petapahan Meluap, 180 Rumah di Kuansing Terendam

Sabtu, 09 Februari 2019 08:05:00
BAGIKAN:
Riauterkini

RIAUPEMBARUAN.COM - Lebih kurang 180 KK rumah penduduk di desa Petapahan, Kecamatan Gunung Toar, terendam banjir, akibat meluapnya Sungai Petapahan, disebabkan pendangkalan, karena maraknya aktivitas PETI selama ini di bagian hulu Sungai.

Demikian disampaikan Sada Risna, Camat Gunung Toar, Kabupaten Kuantan Singingi Riau, Jum'at (8/2/2019) sore kepada riauterkini.com.

Menurut, Sada Risna, kedalaman banjir ini, bervariasi ada yang 1 meter, bahkan di bawa itu. "Berbeda-beda, kedalamannya tak sama, karena sebagian pemukiman penduduk berada di dataran yang rendah," jelasnya.

Sada Risna, menyebutkan banjir di desa Petapahan ini, tidak terjadi hanya sekali dua, hampir tiap kali hujan lebat mengalami langganan banjir, akibat terjadi pendangkalan di bagia Hulu Sungai, karena maraknya aktivitas PETI sejak beberapa Tahun lalu, hingga sekarang.

"Saat ini, badan Sungai tak ada lagi, karena, sudah terbongka-bongka akibat aktivitas PETI selama ini. Sehingga terjadi pendangkalan, dan ketika hujan lebat turun, Sungai tak bisa menampung debit air," ujarnya.

Dari keterangan, Sada Risna, banjir Sungai Petapahan, mulai meluap pada pukul 10.00 WIB pagi. Dirinya sudah melakukan peninjauan ke lapangan Jum'at tadi pagi.

Terkait bantuan, untuk saat ini belum ada di berikan kepada korban bajir. Namun, dirinya sudah melaporkan ke Dinas Sosial.

"Bantuan belum ada, tapi kondisi banjir telah kita laporkan ke Dinas Sosial," akunya.

Sedangkan, korban jiwa menurutnya tidak ada, baik itu hewan ternak warga, hanya saja kata dia, pemukiman warga terendam banjir.

Kedepanya, Sada Risna, selaku Camat Gunung Toar, kepada masyarakat dirinya mengajak untuk peduli dengan Sungai Petapahan, dan bisa menjaga sesuai fungsi masing-masing.

Editor: Rezi AP

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • 2018, DPRD Kuansing Hanya Hasilkan 2 Perda

    RIAUPEMBARUAN.COM - Setahun masa kerja di tahun 2018, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kuansing, Riau hanya menghasilk

  • Nenek 80 Tahun Hilang di Sungai Kuantan Mudik Ditemukan Tewas

    RIAUPEMBARUAN.COM - Nenek Hasanah (80) asal Desa Pebaun Hulu, Kecamatan Kuantan Mudik, yang tenggelam, Jum'at (8/2/2019

  • Nenek 80 Tahun Asal Kuantan Mudik Hilang di Sungai

    RIAUPEMBARUAN.COM - Hasanah (80) seorang Lansia (Lanjut Usia) dinyatakan hilang tenggelam di Sungai Kuantan, desa Pebaun Hu

  • Komplotan Rampok Bersenpi Beraksi di Kuansing, Uang Rp100 Juta Dibawa Kabur

    RIAUPEMBARUAN.COM - Sebanyak 6 kawanan rampok berenjata api (senpi) memasuki rumah Iwan, warga Desa Simpang Raya, Kecamatan

  • KOMENTAR
    situspoker situspoker