• Home
  • Maritim
  • Mabes Polri Tangkap Pelaku Pembawa 28 Drum Limbah Beracun (B3) di Perairan Belawan

Mabes Polri Tangkap Pelaku Pembawa 28 Drum Limbah Beracun (B3) di Perairan Belawan

Minggu, 07 Juli 2019 12:08:00
BAGIKAN:
Net/Ilustrasi

RIAUPEMBARUAN.COM - Ditpolair Korpolairud Mabes Polri mengamankan dua tersangka pembawa limbah bahan, berbahaya dan beracun (B3) berupa oli bekas pada Jumat (5/7/2019) sekitar pukul 12.15 WIB.

Kedua tersangka itu masing-masing Khairul (38) dan Nurul Anwar (30) yang keduanya merupakan warga Lingkungan IV, Lorong Masjid, Bagan Deli, Kota Medan.

Komandan KP. Antasena - 7006 Kompol Carito menceritakan penangkapan ini terjadi saat pihaknya melakukan patroli sea rider KP. ATS-7006 di perairan Belawan Kordinator 3° 48' 851" LU - 98° 43' 857" BT melihat dua kapal motor tanpa nama melintas.

"Begitu terdeteksi, kita kejar dan hentikan, kemudian kita periksa dan kita tanya nakhoda muatan apa yang mereka bawa," kata Kompol Carito, Sabtu (6/7/2019).

Carito mengatakan kedua kapal motor ini diketahui tanpa nama dan tanpa dokumen yang masing-masing dinakhodai oleh Khairul dan Nurul Anwar beserta empat orang Anak Buah Kapal (ABK).

"Jadi mereka ini berlayar dari laut mengangkat 28 drum limbah B3 berupa minyak pelumas atau oli bekas tanpa dilengkapi izin pengangkutan limbah dari pejabat yang berwenang," terang pria dengan melati satu dipundaknya ini.

Kepada keduanya, sambung Carito disangkakan dengan Pasal 102 junto 59 UU RI No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, dengan ancaman hukuman penjara paling singkat 1 tahun dan paling lama 3 tahun.

"Serta denda paling sedikit Rp1 Miliar dan paling banyak Rp 3 Miliar rupiah," katanya.

Kepada petugas, kata Carito, keduanya mengatakan sudah berulang kali membawa B3 ini dan sebulan bisa sampai empat kali.

"Mereka membawa B3 ini sesuai pesanan. Kalau ada yang pesan, mereka akan membawanya ke Bagan Deli. Dan mereka mendapat B3 ini dari kapal-kapal yang melintas di perairan laut Belawan," ujar Carito meniru omongan kedua tersangka.

Jadi, aku Carito, kalau tidak ada pesanan, mereka tidak membawa B3. Mengenai apakah yang memesan B3 ini turut diamankan, Kompol Carito mengatakan saat ini pihaknya sedang mengejar si pembeli, yang ternyata sudah kabur dan tidak ada di lokasi (Bagan Deli).

"Kita akan melakukan pengembangan terkait masalah ini," katanya.

Masih dikatakan Carito, sekarang dua orang tersangka sudah diserahkan ke Ditpolairud Polda Sumut untuk proses penyidikan lebih lanjut.* (trb/red)

Editor: Rezi AP

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Tim Mabes Polri Lakukan Penyelidikan Kebakaran Lahan di Siak

    RIAUPEMBARUAN.COM - Tim Mabes Polri, Direktorat Jenderal Penegakan Hukum KLHK, tim Kejaksaan serta tim ahli yang dilengkapi

  • Bupati Harris Mengaku Tak Tahu Ada Lahan Perusahaan Malaysia Terbakar di Pelalawan

    RIAUPEMBARUAN.COM - Bupati Pelalawan, Riau, Muhammad Harris kemarin menjalani pemeriksaan di Bareskrim, Mabes Polri, selama

  • Bupati Pelalawan Dipanggil Bareskrim Polri Soal Karhutla

    RIAUPEMBARUAN.COM - Bupati Pelalawan, M Harris, memenuhi panggilan Bareskrim Polri, Kamis (3/10/2019). Harris dipanggil unt

  • DLH Dumai: Aliran Drainase PT IBP ke Laut Bukan Lahan Masyarakat

    RIAUPEMBARUAN.COM - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Dumai telah

  • KOMENTAR