• Home
  • Maritim
  • Kapal Pengangkut Buah Tenggelam di Selat Karimata, Awak Kapal Ditemukan Selamat di Dumai

Kapal Pengangkut Buah Tenggelam di Selat Karimata, Awak Kapal Ditemukan Selamat di Dumai

Kamis, 05 September 2019 15:16:00
BAGIKAN:
Istimewa

RIAUPEMBARUAN.COM - Kecelakaan laut menimpa Kapal Motor (KM) Hamisa Jaya GT 30, tenggelam saat berlayar di sekitar Selat Karimata, 35 Mil Utara dari Belitung. Enam orang termasuk Nakhoda dan anak buah kapal (ABK), berhasil diselamatkan dari lokasi kejadian.

Informasi yang berhasil dirangkum, diduga kapal mengalami kebocoran hingga mengakibatkan kapal tenggelam. Sedangkan enam orang penumpang dan ABK, baru berhasil ditemukan dan telah dievakuasi dalam kondisi selamat.

Tim Sar Basarnas Gabungan menyampaikan kejadian berlangsung pada Minggu (2/9/19) pagi sekitar pukul 10.00 WIB, saat itu KM Hamisa Jaya, berlayar dengan rute dari Pontianak ke Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

“Seluruh korban ditemukan dalam keadaan selamat. Dan, sekarang seluruh korban dibawa ke Dumai, untuk ditangani lebih lanjut,” sebut Kapten Kapal Basarnas KN 218 Pekanbaru, Wilayah Dumai, Leni Tadika, kepada wartawan, Kamis (5/9/19).

Dijelaskannya, bahwa KM Hamisa Jaya GT 30 sebelum dikabarkan tenggelam bermuatan buah-buahaan. Saat kejadian pertama kali ditemukan dan diselamatkan oleh KM Seroja GT 16 yang kebetulan melintas di sektar lokasi kejadian.

"Setelah menyelamatkan korban kapal, Nakhoda kapal seroja melaporkan ke pihak Kantor Syabandar Otoritas Pelabuhan terkait adanya kapal tengelam," ungkap Leni saat memberikan keterangan kejadian kapal tenggalam kepada media di Dumai.

KSOP Dumai Purba mengatakan, KM Hamisa Jaya GT 30 rencana akan melakukan perjalanan laut ke Kota Dumai membawa buah-buahan. Namun, belum sampai yang dituju kapal mengalami kebocoran dan tenggelam.

Setelah menerima laporan, pihaknya langsung turun menjemput korban bersama Tim Sar Gabungan, KSOP, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Polair Polres Dumai, untuk mengevakuasi korban dari KM Seroja.

"Sejauh ini kita juga telah melakukan pemeriksaan kesehatan seluruh korban, alhamdulilah seluruhnya dalam keadaan sehat dan aman," kata Purba di dermaga Pokala Dumai.

Sebagai data pendukung, enam orang korban KM Hamisa Jaya yakni, Nakhoda Samsudi (48), Irwanto (19), Hariyadi (33) Abdul Luhung (58), Ferdianyto (40) Ilyas (33).* 

Penulis: Suhadi

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Tiga Pelaku Pemilik 14 Kilogram Sabu di Dumai Diciduk

    RIAUPEMBARUAN.COM - Polres Dumai berhasil mengungkap Kasus 14 Kg Narkotika Bukan Tanaman Jenis Sabu-Sabu, Selasa (11/2/2020

  • Yuk... Ramaikan, Lomba Karya Tulis Essay Mahasiswa se Kota Dumai

    RIAUPEMBARUAN.COM - Lembaga Pendidikan Wartawan PJC Dumai menggelar lomba karya tulis tingkat Mahasiswa berhadiah uang tuna

  • Tiga Korban Kapal Karam di Rupat Dipulangkan ke Aceh

    RIAUPEMBARUAN.COM - Setelah sebelumnya mendapatkan perawatan di wilayah Dumai, tiga orang korban selamat kapal pompong peng

  • Sayembara EO Dumai Expo 2020 Dibuka

    RIAUPEMBARUAN.COM - Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kota Dumai yang ke XXI, Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Pen

  • KOMENTAR