• Home
  • Maritim
  • Gubri Minta Bupati dan Walikota Turun Tangan Atasi Karhutla

Gubri Minta Bupati dan Walikota Turun Tangan Atasi Karhutla

Senin, 08 Juli 2019 08:42:00
BAGIKAN:
Net/Ilustrasi

RIAUPEMBARUAN.COM - Gubernur Riau, Syamsuar meminta seluruh bupati dan walikota turun tangan dalam pencegahan serta penanggulangan Karhutla di wilayahnya masing-masing.

Menurut Syamsuar, pencegahan dan penanggulangan Karhutla tak mungkin berhasil tanpa adanya campur tangan seluruh pihak.

Apalagi, saat ini Riau telah memasuki musim kemarau yang kerap dimanfaatkan sejumlah masyarakat untuk membuka lahan dengan cara membakar.

"Saya minta kepada bupati dan walikota agar turun tangan mencegah dan menanggulangi Karhutla di wilayahnya masing-masing. Jangan sampai bencana asap kembali terjadi di Riau," ujar Syamsuar, Sabtu (6/7/2019).

Syamsuar mengatakan, bupati dan walikota bisa melibatkan perangkat-perangkatnya untuk melakukan sosialisasi bahaya Karhutla ke masyarakat.

Mulai dari bupati dan walikota hingga ke pemerintahan desa harus bersinergi dalam mencegah dan menanggulangi Karhutla.

"Karhutla di Riau sudah menjadi perhatian presiden RI, Joko Widodo. Pak presiden sudah mengintruksikan kepada seluruh kepala daerah di Indonesia untuk berperan aktif dalam mencegah dan menanggulangi Karhutla di wilayahnya masing-masing," ujar Syamsuar di tribun.

Untuk mempercepat upaya penanggulangan Karhutla di Riau, Syamsuar mengatakan telah mengintruksikan bupati dan walikota mendirikan posko siaga Karhutla yang beroperasi selama 24 jam.

Dengan demikian, proses penanggulangan Karhutla bisa segera dilakukan.

"Semua pihak harus berperan aktif dalam menjaga Riau dari Karhutla. Tidak hanya intansi terkait, masyarakat juga saya imbau untuk tidak membakar lahan," ujar Syamsuar. (hlc/red)

Editor: Suhadi

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Polda Riau Serahkan Berkas Perkara Karhutla

    RIAUPEMBARUAN.COM - Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Riau menyerahkan dua bundel berkas tersangka korpo

  • Tim Mabes Polri Lakukan Penyelidikan Kebakaran Lahan di Siak

    RIAUPEMBARUAN.COM - Tim Mabes Polri, Direktorat Jenderal Penegakan Hukum KLHK, tim Kejaksaan serta tim ahli yang dilengkapi

  • Polres Inhil Segel Lahan Terbakar 50 Hektar

    RIAUPEMBARUAN.COM - Kepolisian Resor (Polres) Indragiri Hilir melakukan penyegelan lahan yang terbakar di Parit 14 Desa Kay

  • Gubri Ajukan Nama Calon Sekdaprov ke Presiden

    RIAUPEMBARUAN.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau segera mengajukan tiga nama calon Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdap

  • KOMENTAR