• Home
  • Maritim
  • Arus Mudik dan Balik Via Bandara SSK II Merosot

Arus Mudik dan Balik Via Bandara SSK II Merosot

Minggu, 09 Juni 2019 15:18:00
BAGIKAN:
Cakaplah

RIAUPEMBARUAN.COM - Dalam melakukan pengamana Lebaran melalui Operasi Ketupat Muara Takus 2019, Polda Riau tidak hanya mengamankan masyarakat di pos pam dan jalan raya saja, tapi juga mengamankan dan memantau arus mudik di bandara, terminal dan pelabuhan di Riau.

Dalam pengamatan tersebut, Polda Riau mencatat ada perubahan pola mudik masyarakat menggunakan angkutan umum pada tahun ini.

Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto, menyampaikan bahwa pada tahun ini, aktivitas penumpang di terminal maupun pelabuhan yang ada di Riau alami peningkatan. Ini terjadi pada musim arus mudik dan juga arus balik.

"Pemudik yang menggunakan jasa angkutan umum di terminal dan pelabuhan alami peningkatan. Sedangkan di bandara menurun jika dibandingkan tahun 2018," kata Sunarto, Ahad (9/6/2019).

Sunarto menjelaskan bahwa berdasarkan data Operasi Ketupat, arus mudik terminal mencapai 42.682 orang. Meningkat 68 persen dari tahun lalu yang berjumlah 25.451 orang. Sedangkan lewat pelabuhan, tahun ini yang mudik berjumlah 105.125 orang, meningkat 42 persen dari tahun lalu yang hanya 74.229 orang.

Penurunan yang cukup signifikan terjadi di bandara di Riau. Jumlah penumpang mudik tercatat hanya 64.331 orang, berkurang 61 persen dari tahun lalu yang mencapai 165.976 orang.

"Demikian juga dengan arus balik. Per Sabtu kemarin juga terjadi pergeseran serupa arus balik jika dibandingkan tahun lalu," kata Sunarto.

Untuk arus balik hingga Sabtu (8/6/2019) kemarin, penumpang di terminal mencapai 16.454 orang, naik 22 persen dibandingkan tahun lalu yang hanya 13.465 orang. Demikian juga di pelabuhan yang juga alami kenaikan 62 persen dari 87.796 di tahun lalu menjadi 142.381 orang.

Di bandara, terjadi penurunan penumpang arus balik sebanyak 23 persen. Dari 90.260 orang penumpang tahun lalu, menjadi 69.630 orang tahun ini.

Untuk arus balik sendiri masih akan ada perubahan karena pada hari ini juga akan menjadi puncak arus balik.* (ckp/red)

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Sembunyikan Sabu di Tapak Sepatu, Polisi Bekuk Dua Kurir di Bandara SSK II Pekanbaru

    RIAUPEMBARUAN.COM - Bermaksud terbang menuju Kota Makassar, Sulawesi Selatan melalui jalur udara untuk mengantarkan sabu-sa

  • Kabut Tebal Ganggu Jadwal Penerbangan di SSK II Pekanbaru

    RIAUPEMBARUAN.COM - Jadwal kedatangan san keberangkatan pesawat di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru terganggu

  • Pria Asal Aceh Ditangkap Bawa Sabu di Bandara SSK II Pekanbaru

    RIAUPEMBARUAN.COM - Seorang pria bernama Lukmanul Hakim (35) terpaksa diamankan petugas Avsec Bandara Internasi

  • Jelang Imlek, Bandara Sultan Syarif Kasim Masih Sepi

    RIAUPEMBARUAN.COM - Otoritas Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Provinsi Riau mencatat belum ada penam

  • KOMENTAR