Bupati Kuansing Komit Bantu Petani Karet

Jumat, 14 Februari 2020 11:45:00
BAGIKAN:

RIAUPEMBARUAN.COM - Bupati Kabupaten Kuantan Singingi, Drs. H. Mursini, M.Si terus berupaya memikirkan nasip petani karet di Kuansing, agar kesejateraannya bisa membaik.

Sejauh ini, langkah yang sudah dilakukan Bupati bagi petani karet di Kuansing, yakni dengan menghadirkan sistim lelang penjualan karet.

Program ini sudah mulai berjalan sejak penghujung tahun 2019 lalu, setidaknya lewat sistim lelang ini terdapat kenaikan harga berkisar antara 2000 sampai 2500 rupiah jika dibandingkan pada pengepul yang hanya bekisar sekitar 7500 rupiah.

Meskipun upaya ini sudah dihadirkan Pemkab Kuansing, namun diakui langkah ini belum optimal, sebab sistim lelang ini baru ada di kota Kabupaten.

Kedepan, Bupati mempunyai komitmen akan mengahdirkan sistim ini di tiap Kecamatan, dengan menempatkan satu titik lelang per Kecamatan.

"Langkah ini adalah bentuk kepedulian kita untuk para petani karet di Kuansing, tujuannya agar petani kita bisa lebih sejaterah kedepannya," ungkap Bupati Mursini, saat membuka Musrenbang di Kecamatan Kuantan Hilir, Kamis (14/2/2020) kemarin.

Tidak cukup hanya sampai disitu,  dalam waktu dekat ini, Bupati Mursini, berencana akan berkunjung ke Palembang, menjumpai pihak Balai Riset Industri Hilir olahan karet.

Tujuannya berkunjung ke sana adalah untuk mempelajari olahan karet menta menjadi bahan jadi, seperti keset, onderdil kenderaan, sol sepatu, vulkanisir, sandal dan lain sebagainya.

Sehingga nantinya kata Bupati, dengan hadir Industri Hilir karet di Kuansing, akan berdampak baik bagi para petani, karena bahan - bahan menta untuk olahan ini berasal dari karet.

"Untuk program ini tentunya kita membutuhkan bahan menta karet, sehingga stok karet yang ada di Kuansing, akan diperlukan untuk memenuhi untuk bahan dasar," jelasnya.

Lanjutnya, dengan dibutuhkannya bahan mentah karet ini, maka secara tak langsung kata Buapti akan berdampak baik bagi petani, terutama harga jual akan bisa meningkat.

"Sebab permintaan kebutuhan bahan dasar karet akan dapat meningkat seiring berjalanya program ini, maka petani kita tentu akan diuntungkan," ungkap Bupati.

Mengenai langkah ini, selaku kepala Daerah ia berkomitmen untuk mengahadirkanya di Kabupaten Kuantan Singingi, demi memberikan ruang bagi petani karet, sebab mayoritas masyarakat Kuansing, bermata pencarian di bidang komoditi ini.

"Mayoritas masyarakat kita kehidupannya ditopang komoditi karet, makanya kita berkomitmen memperhatikan petani kita di Kuansing," tukasnya.*

Editor: Iwan Iswandi

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Bupati Kuansing Launching Pupuk Organik Bumdes Desa Luai

    RIAUPEMBARUAN.COM - Bupati Kabupaten Kuantan Singingi, Drs. H. Mursini, M.Si launching pupuk organik Badan Usaha Milik Desa

  • Kades se Kuansing Ikuti Pelatihan Responsif Gender

    RIAUPEMBARUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi menggelar pelatihan Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender

  • Bupati Kuansing Dampingi Gubri Tebar 2000 Bibit Ikan

    RIAUPEMBARUAN.COM - Bupati Kabupaten Kuantan Singingi, Drs. Mursini, M.Si bersama Gubernur Riau, H. Syamasuar, tebar sebany

  • Sekda Kuansing Panen Raya Bawang Merah di Benai

    RIAUPEMBARUAN.COM - Bupati Kabupaten Kuantan Singingi, Drs. H. Mursini, M.Si diwakili Sekretaris Daerah DR. Dianto Mampanin

  • KOMENTAR