• Home
  • Kesehatan
  • LPPM UNRI Sosialisasi GEMARIKAN di SDN 015 Teratak Buluh Kampar

LPPM UNRI Sosialisasi GEMARIKAN di SDN 015 Teratak Buluh Kampar

Senin, 09 September 2019 13:38:00
BAGIKAN:
Istimewa
Sosialisasi LPPM UNRI kegiatan gemar makan ikan di SDN 015 Teratak Buluh Kampar

RIAUPEMBARUAN.COM - Dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian. Tim Pengabdian Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) Universitas Riau (UNRI) melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat mensosialisasikan gemar makan ikan kepada siswa kelas 1 dan kelas 2 di SDN 015 Teratak Buluh, Kabupaten Kampar.

Tim pengabdian ini terdiri dari Rina D’rita Sibagariang, S.Pi., M.Sc., Ummi Mardhiah Batubara, S.Si., M.Si., Andri Hendrizal, S.Pd., M.Sc., Muhammad Arief Wibowo,S.Kel., M.Si., Yudho Harjoyudanto, S.Si., M.Si., Indra Lesmana, S.Pi., M.Si, serta dua orang mahasiswa aktif di Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau.

GEMARIKAN (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) adalah program nasional yang dicanangkan oleh Kementerian Kelautan Dan Perikanan mulai tahun 2004 yang bertujuan untuk mengkampanyekan akan pentingnya manfaat makan ikan sejak dini karena banyaknya kandungan gizi yang terdapat pada ikan yang sangat penting untuk pertumbuhan dan kecerdasan otak.

Rina D’rita Sibagariang, M.Sc selaku ketua pengabdian mengatakankan bahwa, “Sosialisasi gemar makan ikan ini dilakukan untuk meningkatkan angka konsumsi ikan karena dengan budaya makan ikan sejak dini maka akan terbentuklah generasi penerus bangsa yang berkualitas, sehat, kuat, dan cerdas.

"Sosialisasi gemar ini ini dibagi kedalam 3 sesi, yaitu pemberian materi gemar makan ikan, games, makan nugget ikan. Sesi pemberian materi diberikan oleh Indra Lesmana, S.Pi., M.Si  Kemudian diikuti dengan games dan makan nugget ikan yang dipandu oleh Ummi Mardhiah Batubara, S.Si. M.Si," jelasnya.

Lanjutnya, sosialisasi berlangsung, terlihat anak-anak kelas 1 dan kelas 2 sangat antusias dalam mengikuti setiap sesi yang diberikan oleh tim. Pada saat pemberian materi mereka mendengarkan dengan baik. Kemudian pada sesi games, mereka berlomba-lomba untuk menjawab pertanyaan yang diberikan.

"Saat games puzzle ikan, mereka bekerja secara kelompok untuk menebak ikan yang ada dalam puzzle yang teracak. Sesi terakhir adalah pembagian salah satu produk olahan ikan berupa nugget ikan. Anak-anak terlihat menyukai dan makan dengan lahap," tuturnya.

Kepala Sekolah SDN 015 Teratak Buluh menyatakan mendukun terhadap program ini, bahwa melalui program ini diharapkan dapat membantu terwujudnya generasi penerus yang berkualitas.

"Kita sangat mendukung, sosialisasi positif yang membuat anak didik mengerti dengan pentingnya memakan ikan dan dampak dari kegemaran tersebut menjadikan anak yang berkualitas," tutupnya.* (rls)

Editor: Rezi AP

 

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Dua Mahasiswa Riau Raih Medali Emas Lomba Sains Internasional di Macau

    RIAUPEMBARUAN.COM - Tim Universitas Riau (UR) terdiri dari Firman dan Herfran, mengharumkan nama Riau dan Indonesia. Mereka

  • Gubri Tinjau Budidaya Ikan Patin di Kampar

    RIAUPEMBARUAN.COM - Sebelum mempromosikan ikan patin yang terkenal di Kabupaten Kampar, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, mel

  • Dua Mantan Ketua DPRD Kampar Diperiksa Soal Korupsi Jembatan Water Front City

    RIAUPEMBARUAN.COM - Dua mantan Ketua DPRD Kabupaten Kampar, Ahmad Fikri dan H Syafrizal serta seorang wakil pimpinan legisl

  • Kampar Siap Jadi Tuan Rumah HKIN 2020

    RIAUPEMBARUAN.COM - Ketua Komisi Informasi Provinsi Riau, Zufra Irwan, Rabu (7/8/19) menegaskan Kabupaten Kampar, Provinsi

  • KOMENTAR