Jumlah Penderita DBD di Pekanbaru Capai 129 Kasus

Rabu, 27 Maret 2019 14:26:00
BAGIKAN:
Net-Ilustrasi

RIAUPEMBARUAN.COM - Hingga pekan ke 12 tahun 2019 ini jumlah penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Pekanbaru terus saja bertambah. Dimana berdasarkan catatan di Dinas Kesehatan penderita DBD mencapai 129 kasus.

"Untuk menekan angka DBD tersebut tentunya kita himbau masyarakat untuk menjaga kebersihan dalam rumah, karena nyamuk ini malah banyak bersarang dalam rumah, dalam ruangan," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Diskes Kota Pekanbaru Maisel Fidayesi, Selasa (27/3/2019).

Menurut Maisel, meningkatnya penderita DBD juga akibat cuaca yang tak menentu. Untuk itu, Puskesmas, kecamatan, kelurahan hingga RT/RW harus berperan aktif dengan mengingatkan warga menerapkan 3M plus.

"Salah satunya menutup wadah yang bisa menampung air, jangan biarkan ada genangan air karena bisa menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk penyebab demam berdarah. Terlebih di kamar mandi. Jika rumah memakai bak mandi, agar sering dibersihkan," pesannya.

Disampaikannya, pencegahan DBD harus dilakukan bersama-sama. Adanya upaya masyarakat untuk pencegahannya sangat diperlukan sekali.

"Kami dari Diskes juga sudah melakukan edukasi kepada masyarakat melalui kader Puskesmas untuk mengaktifkan satu Rumah satu kader Jumantik," kata Maisel.

Berikut jumlah kasus DBD hingga pekan ke-12 tahun 2019

Sukajadi 21 kasus
Senapelan 7 kasus
Pekanbaru Kota 3 kasus
Rumbai Pesisir 6 kasus
Rumbai 9 kasus
Limapuluh 7 kasus
Sail 8 kasus
Bukit Raya 6 kasus
Marpoyan Damai 16 kasus
Tenayan Raya 11 kasus
Tampan 15 kasus
Payung Sekaki 20 kasus

Total : 129 Kasus

Editor: Iskandar M

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Institute Jantung Negara Kuala Lumpur Buka Perwakilan di Pekanbaru

    RIAUPEMBARUAN.COM - Penderita penyakit jantung di Riau kini sudah bisa bernafas lega. Karena pada bulan Mei 2019 lalu, Inst

  • Komunitas Anak Twitter Pekanbaru Rayakan Hari Jadi Pertama

    RIAUPEMBARUAN.COM - Puluhan anak muda millenial tergabung dalam komunitas Anak Twitter Pekanbaru (ATP) merayakan hari jadi

  • Guru di Pekanbaru Harus Siap Hadapi Kecanggihan Teknologi

    RIAUPEMBARUAN.COM - Menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul melalui penyebarluasan praktik baik di sekolah, dapat

  • Kota Pekanbaru Dapat Predikat Kota Layak Pemuda

    RIAUPEMBARUAN.COM - Kota Pekanbaru mendapat predikat sebagai Kota Layak Pemuda. Penghargaan itu akan diserahkan langsung ol

  • KOMENTAR