• Home
  • Kesehatan
  • Jangan Asal Bikin Posko Bebas Kabut Asap, Begini Saran IDI Riau

Jangan Asal Bikin Posko Bebas Kabut Asap, Begini Saran IDI Riau

Minggu, 15 September 2019 19:21:00
BAGIKAN:
Ketua IDI Riau, dr Zul Asdi

RIAUPEMBARUAN.COM - Minggu 15 September 2019, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Provinsi Riau menaruh perhatian terhadap banyaknya penyediaan posko bebas kabut asap. Baik posko bebas kabut asap yang diinisiasi pemerintah daerah atau pihak swasta.

Hanya saja Ketua IDI Riau, dr Zul Asdi mengingatkan supaya penyediaan ruangan bebas kabut asap itu dibekali dengan alat ukur polutan dan juga penyaring udara atau Air Purifier.

"Kita mengingatkan supaya ruangan atau posko evakuasi bebas kabut asap jangan asal-asalan. Kalau bisa harus ada alat ukur polutan atau pencemaran udara, selain tentunya juga harus ada Air Purifier," sebut dr Zul Asdiz usai acara IDI di RS Awal Bros bertema 'Tinjauan Medis Bahaya Paparan Asap Terhadap Kesehatan' pada akhir pekan lalu.

Sebab bagi dr Zul Asdi Spb M Kes, keberadaan posko bebas kabut asap akan percuma jika dua komponen penting itu tidak memadai. "Percuma ya, kalau nantinya tidak ada alat ukur. Dan ternyata udara di dalam posko tidak beda jauh dengan keadaan di luar. Jadi sebaiknya harus disediakan Air Purifier dan juga alat ukur tingkat polutan," sebutnya.

Namun memang kata dr Zul Asdi untuk mengadakan Air Purifier dan alat ukur polutan membutuhkan biaya. "Kalau biaya tentu cukup besar, satu alat air purifier itu harganya jutaan. Jadi butuh dana. Tapi kalau pemerintah atau pihak mana pun serius membuat posko, tentu untuk pendanaan bisa dicari jalan keluarnya," sebutnya.

Seperti diketahui kabut asap parah melanda Provinsi Riau. Bahkan kabut asap sudah sempat menganggu jadwal penerbangan di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru pada akhir pekan lalu. Bahkan sejumlah masyarakat mulai mengevakuasi diri terutama anak dan usia lanjut ke wilayah Sumatera Barat (Sumbar) yang tidak terpapar kabut asap parah.* (r24)

Editor: Rezi AP

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Kapolda Riau Diskusi Prediksi Karhutla 2020

    RIAUPEMBARUAN.COM - Polda Riau mengundang pihak kampus UNRI yang diwakili oleh Direktur Pusat Studi Bencana UNRI, Rektor UI

  • Apresiasi Inovasi Riau Cegah dan Atasi Karhutla

    RIAUPEMBARUAN.COM - Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto tiba di Lanud Rusmin Nurjadin

  • Polsek Mandau Ungkap Pelaku Karhutla

    RIAUPEMBARUAN.COM - Unit Reskrim Polsek Mandau melakukan pengungkapan karhutla, Kamis (06/02/2020) di Jalan Sutan Betuah Ma

  • Soal Karlahut 2020, Gubernur Riau Dipanggil ke Istana

    RIAUPEMBARUAN.COM - Gubernur Riau, Syamsuar pagi ini menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kebakaran Hutan dan La

  • KOMENTAR