Kesehatan

Dinsos Bengkalis Tambah 2 Unit Mobil Jenazah Baru

Redaksi Redaksi
Dinsos Bengkalis Tambah 2 Unit Mobil Jenazah Baru

RIAUPEMBARUAN.COM - Menyusul sebagian besar mobil jenazah sudah dinilai tidak layak pakai, tahun anggaran (TA) 2019 ini Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bengkalis akan tambah 2 unit mobil jenazah baru. Meskipun masih belum ideal untuk di seluruh kecamatan yang ada, namun Dinsos akan berupaya maksimal memanfaatkan mobil jenazah yang ada jenazah untuk melayani masyarakat.

Kepala Dinsos Kabupaten Bengkalis, Dra. Hj. Martini, MH mengatakan, tahun ini dialokasikan anggaran untuk pengadaan mobil jenazah sebanyak dua unit. Satu unit rencananya akan di tempatkan di Kecamatan Mandau, karena mobil jenazah yang ada di sana kondisi sudah sangat tidak layak lagi sedangkan mobilitas di daerah tersebut cukup tinggi. Sedangkan untuk satu unit lagi akan diprioritaskan untuk wilayah kecamatan yang sangat membutuhkan.

Diakui Martini, mobil jenazah di seluruh kecamatan sudah tersedia, hanya saja kondisinya sudah tidak layak lagi untuk digunakan. Karena katanya, sebelumnya mobil-mobil jenazah itu merupakan limpahan dari Dinas Pasar dan Kebersihan Bengkalis sebelum dirubah perangkat daerah (PD) beberapa tahun yang lalu.

Saat ini jumlah mobil jenazah di Kabupaten Bengkalis tercatat sebanyak 10 unit, di Kecamatan Bengkalis ada 2 unit, Kecamatan Mandau 2 unit, Bantan, Pinggir, Bukitbatu, Siakkecil, Rupat, Rupat Utara masing-masing terdapat 1 unit.

"Mobil jenazah ini berbeda dengan ambulance desa, biaya perawatan dan supir dibiayai oleh Dinsos dengan kondisi area. Seperti mobil jenazah di Bukit Batu dan Mandau sudah 'terduduk' (tak dapat bergerak, red) dan rata-rata memang seluruh mobil yang ada sudah memprihatinkan. Dan alhamdulillah tahun ini dapat dua unit, dan tahun 2020 depan akan kami usulkan kembali," katanya seraya menambahkan, idealnya 1 kecamatan saat ini ada 11 kecamatan memiliki 1 unit mobil jenazah yang layak.

Editor: Iskandar M

Penulis: Redaksi


Tag:Pemkab Bengkalis