Kesehatan

2500 Hewan Qurban di Bengkalis Dicek Kesehatan

Redaksi Redaksi
2500 Hewan Qurban di Bengkalis Dicek Kesehatan

RIAUPEMBARUAN.COM - Sebanyak 2.500 ekor hewan Qurban Hari Raya Adha 1440/2019 se Kabupaten Bengkalis dilakukan pemeriksaan oleh Dinas Pertanian (Distan) Bengkalis. Sasaran pemeriksaan petugas terutama di titik-titik pengumpul atau penjual hewan qurban kepada masyarakat.

Dalam pemeriksaan tersebut, 21 orang petugas diterjunkan dan disebar ke setiap kecamatan Kabupaten Bengkalis. Pemeriksaan ini akan terus dilakukan hingga H+2 Lebaran Idul Adha 1440 H mendatang.

Hal tersebut, disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Distan Kabupaten Bengkalis, Supardi, S.Sos, M.H melalui Kepala Seksi (Kasi) Kesehatan Hewan (Keswan) drh. H. M. Mardani. Sering disapa Hani ini, mengatakan, bahwa hingga hari keempat ini petugas yang disebar ke beberapa kecamatan masih melakukan pemeriksaan hewan untuk di qurban kan.

"Pemeriksaan akan dilakukan sekitar 2.500-an ekor hewan untuk qurban, seperti sapi, kerbau maupun kambing. Tim kita sebar di kecamatan, masing-masing tim dikoordinir dokter hewan dan paramedis untuk memeriksa kesehatan hewan qurban. Sasaran atau target sekitar 2.500 ekor lebih hewan qurban tahun ini dan sepertinya mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu,"ungkap Drh Hani, Kamis 8 Agustus 2019.

Diutarakan Hani, pemeriksaan hewan qurban tersebut bertujuan untuk memastikan kondisi ternak sehat dan layak untuk dilakukan pemotongan.

"Kalau ditemukan hewan yang masih belum cukup umur untuk qurban, petugas akan meminta pemotongan ditunda atau diganti. Selama empat hari pemeriksaan belum kita temui hewan untuk qurban yang mengidap penyakit menular. Hanya ditemukan belum cukup umur saja dan itupun hanya beberapa ekor,"ujarnya seraya menyebutkan bakal hewan qurban yang sudah diperiksa akan diberi label khusus.

Hani juga mengimbau kepada masyarakat jika ada menemukan hewan qurban yang dicurigai kurang sehat baik sebelum maupun sesudah disembelih agar melaporkan ke petugas kesehatan hewan di masing-masing setiap kecamatan.* 

Sumber: RiauGreen

Editor: Iwan Iswandi

Penulis: Redaksi


Tag:Berita BengkalisHewan QurbanPemkab Bengkalis