Upaya menstabilkan Harga Minyak Sawit

Jumat, 13 September 2019 09:39:00
BAGIKAN:
Net/Ilustrasi
Minyak Sawit atau CPO

RIAUPEMBARUAN.COM - Dikatakan Direktur Utama BPDP-KS, Dono Boestami, pengembangan sektor perkebunan kelapa sawit nasional kerap menghadapi beragam tantangan, dengan kesulitan beragam, misalnya adanya tudingan sawit beresiko tinggi terjadinya deforestasi oleh Parlemen Uni Eropa, dan tudingan dumping biodiesel oleh Amerika Serikat.

Tidak terkecuali India sebagai pasar tradisional minyak sawit Indonesia juga melakukan hambatan perdagangan dengan menaikan tarif impor minyak sawit, dan terbaru adanya hambatan perdagangan dari Brazil yang pula menerapkan hal serupa meningkatkan tarif impor sekitar 14% lebih tinggi.

Selain, adanya hambatan perdagangan, tantangan pengembangan kelapa sawit juga dihadapkan pada harga minyak sawit global yang masih rendah. Kata Dono, penurunan harga minyak sawit itu sejatinya telah terjadi semenjak 2012 lalu, namun guna menghadapi tantangan tersebut BPDP-KS baru didirikan pada tahun 2015.

Dimana salah satu tugas BPDP-KS adalah menstabilkan harga dengan mencoba membuka pasar baru di domestik dengan dengan mendukung pengembangan pasar biodiesel sawit. Untuk sementara cara demikian dianggap mampu menahan dalamnya penurunan harga minyak sawit.

Tutur Dono, pihaknya kesulitan untuk melakukan penilaian batas ekonomis harga minyak sawit nasional. “Untuk sementara kami tetapkan bahwa angka harga minyak sawit stabil berada di US$ 570/ton,” katanya saat memberikan sambutan pada acara Buka Bersama Stakeholder BPDP-KS, Mei 2019 lalu, yang dihadiri InfoSAWIT.* (isc)

Editor: Rezi AP

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Harga Sawit Jambi Periode 20 - 26 September 2019 Turun Rp54,98/Kg

    RIAUPEMBARUAN.COM - Merujuk hasil dari Tim Penetapan Harga Tandan Buah Segar (TBS) Sawit Provinsi Jambi periode 20 –

  • Kinerja Ekspor Minyak Sawit Hingga Juli 2019 Cukup Memuaskan

    RIAUPEMBARUAN.COM - Kinerja ekspor minyak sawit dan produk turunannya (di luar biodiesel dan oleochemical) hingga Juli 2019 cu
  • Ekspor Malaysia Turun, Harga CPO Berpotensi Tertekan Lagi

    RIAUPEMBARUAN.COM - Libur bursa berjangka Malaysia bukan lantas menyelamatkan harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO

  • Tanggapan Pengusaha Soal Rencana B50 di 2020

    RIAUPEMBARUAN.COM - Program B50 yang direncanakan pemerintah jika diterapkan akan memberikan sejumlah manfaat. Ketergantung

  • KOMENTAR