• Home
  • Info Sawit
  • Petani Ngeluh Harga Sawit Anjlok Gara-gara Pungutan Ekspor

Petani Ngeluh Harga Sawit Anjlok Gara-gara Pungutan Ekspor

Senin, 08 Juli 2019 11:09:00
BAGIKAN:
Net/Ilustrasi

RIAUPEMBARUAN.COM - Petani sawit mengeluhkan jatuhnya harga tandan buah segar (TBS) sawit. Saat ini harga TBS sawit hanya sekitar Rp 120-150/kg, jauh dari harga normal yang berkisar Rp 600-700/kg.

Sekjen Serikat Petani Kelapa Sawit, Mansuetus Darto mengatakan, hal ini salah satunya dipicu oleh penerapan pungutan hasil ekspor sawit oleh pemerintah lewat BPDP kelapa sawit.

"Terbukti dengan pungutan 50 US$/ton harga tandan buah segar (TBS) petani telah mengalami penurunan sekitar Rp 120-150/kg," tutur dia dalam keterangannya, Minggu (7/7/2019).

Lebih lanjut ia memaparkan, penurunan harga beli TBS kelapa sawit di tingkat petani, dilakukan pengusaha dan ekpsortir untuk menutup biaya pungutan kelapa sawit. Sederhananya, para pengusaha membayar pungutan sawit dengan memotong harga beli TBS kelapa sawit dari tingkat petani.

Sementara itu, Petani Sawit anggota SPKS Tanjabar, Jambi, Vincentius Haryono mengatakan, selain adanya pungutan dana sawit, program biodiesel juga dipandang jadi salah satu penyebab jatuhnya TBS sawit di tingkat petani.

Petani, lajut Vincent, tak punya pilihan selain menjual TBS kelapa sawit mereka ke tengkulak dengan harga rendah, lantaran kalangan industri lebih senang menyerap kelapa sawit mereka sendiri untuk kebutuhan Biodiesel ketimbang menyerap kelapa sawit dari petani.

"Kami petani swadaya dirugikan, selalu menjual ke tengkulak dengan harga rendah, sementara industri biodiesel hanya memperoleh supply bahan baku dari kebun mereka sendiri," tegasnya.* (dtc/red)

Editor: Rezi AP

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Produksi Minyak Sawit Indonesia Agustus 2019 Capai 34,7 Juta Ton

    RIAUPEMBARUAN.COM - Produksi minyak sawit Indonesia sampai dengan Agustus 2019 mencapai 34,7 juta ton atau sekitar 14% lebi

  • Eropa Terancam dengan Kehadiran Sawit RI

    RIAUPEMBARUAN.COM - Hubungan Perdagangan Indonesia dengan Uni Eropa (UE) memburuk akibat komoditas kelapa sawit. Pemerintah

  • Sepekan Kedepan, Harga Sawit Riau Naik Rp26,27/Kg

    RIAUPEMBARUAN.COM - Merujuk hasil dari tim penetapan harga Tandan Buah Segar (TBS) Sawit Provinsi Riau merujuk surat Peneta

  • Menanti Pemimpin Peduli Sawit

    RIAUPEMBARUAN.COM - Memang perhelatan akbar Pemilu 2019 lalu telah usai, namun rekapitulasi suara dan berbagai persoalan ma

  • KOMENTAR