crossorigin="anonymous">
Ekonomi

Tekan Impor, Pertamina Bawa Pulang Minyak dari Luar Negeri

Redaksi Redaksi
Tekan Impor, Pertamina Bawa Pulang Minyak dari Luar Negeri
Net - Ilustrasi

RIAUPEMBARUAN.COM - PT Pertamina (Persero) memiliki upaya khusus untuk menekan impor minyak. Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan menggenjot produksi minyak di lapangan Pertamina.

"Upaya mengurangi impor pertama harus bisa deliver komitmen produksi minyak dari lapangan existing," kata Direktur Hulu Pertamina Dharmawan H Samsu di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta Pusat, Kamis (17/1/2019).

Selain itu, Pertamina juga memenuhi kebutuhan minyak dalam negeri dengan membawa pulang produksi minyak di lapangan yang ada di luar negeri. Beberapa lapangan minyak tersebut di antaranya ada di Irak, Algeria, Malaysia, Prancis, hingga Nigeria.

"Kemudian kita tahu bahwa lapangan-lapangan yang Pertamina Internasional EP maksimum minyaknya dibawa ke Indonesia dipakai kilang Indonesia, impor minyak sendiri," tutur Dharmawan.

Selain itu, Pertamina juga berkomitmen membeli minyak hasil produksi kontraktor kontrak kerja sama (KKKS). Langkah ini sudah dilakukan dengan membeli minyak mentah (crude) dari Chevron.

"Berikutnya adalah keputusan menteri terkait pembelian crude Pertamina terhadap KKKS," tutur Dharmawan.

Editor: Suhadi

Penulis: Redaksi


Tag:Berita EkonomiHarga MinyakPT Pertamina