Mei 2019, Riau Alami Inflasi 0,68 Persen

Senin, 10 Juni 2019 13:43:00
BAGIKAN:

RIAUPEMBARUAN.COM - Pada bulan Mei 2019, provinsi Riau mengalami inflasi sebesar 0,68 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) 137,95.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Riau, Ir Aden Gultom MM, kepada Cakaplah dikutip riaupembaruan.com, Senin (10/6/2019). Ia mengatakan, dari 3 kota IHK di provinsi Riau, semua kota mengalami inflasi, yakni Pekanbaru sebesar 0,56 persen, Dumai sebesar 1,05 persen dan Tembilahan sebesar 1,29 persen.

"Inflasi Riau pada bulan Mei 2019 sebesar 0,68 persen terjadi karena adanya kenaikan indeks harga konsumen yang cukup signifikan pada kelompok bahan makanan. Dimana kelompok bahan makanan ini mengalami inflasi sebesar 2,13 persen," ujarnya.

Kemudian diikuti kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,64 persen, kelompok sandang sebesar 0,45 persen, kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,16 persen dan kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar 0,02 persen.

Disampaikan Aden, komoditas yang memberikan andil terjadinya inflasi di Riau antara lain cabai merah, kentang, bawang putih, angkutan udara.

Selain itu, lanjut Aden, ada dua kelompok yang mengalami deflasi yaitu kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga sebesar -0,06 persen dan kelompok kesehatan sebesar -0,02 persen.

"Untuk komoditas yang memberi andil deflasi antara lain daging sapi, bawang merah, ikan tongkol, beras, tomat sayur, tomat buah, televisi berwarna," cakapnya.

Dari 23 kota di Sumatera yang menghitung IHK, semua kota tersebut mengalami inflasi, dengan inflasi tertinggi terjadi di Kota Pangkal Pinang sebesar 1,78 persen. Lalu diikuti oleh Kota Bungo sebesar 1,60 persen dan Kota Banda Aceh sebesar 1,48 persen, sedangkan inflasi terendah terjadi di Kota Tanjung Pandan sebesar 0,21 persen.* (ckp/red)

Editor: Rezi AP

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Intruksi Pemerintah Pusat, BPPD Riau Dibentuk Kembali

    RIAUPEMBARUAN.COM - Pemerintah Provinsi Riau memastikan kalau keinginan menghidupkan kembali Badan Pengelola Perbatasan Dae

  • Upaya Riau Wujudkan Bebas Rentenir

    RIAUPEMBARUAN.COM - Pemerintah Provinsi Riau terus berupaya menyukseskan Program Riau Bebas Rentenir. Salah satu upaya yait

  • April 2019, Impor Riau Naik 42,10 Persen

    RIAUPEMBARUAN.COM - Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS), nilai impor Riau pada April 2019 mencapai US$ 139.37 j

  • Lebaran, BMKG Peringati Waspada Cuaca Ekstrim di Riau

    Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru memperingati cuaca ekstrim terjadi di sejumlah wilayah Riau bertepatan deng

  • KOMENTAR
    situspoker situspoker