Ekonomi

Bergerak untuk Maju, Zainal Abidin: Dumai Punya Investasi Unggulan Tingkatkan PAD

admin admin
Bergerak untuk Maju, Zainal Abidin: Dumai Punya Investasi Unggulan Tingkatkan PAD
Istimewa

RIAUPEMBARUAN.COM - Kota Dumai, Provinsi Riau memiliki tiga potensi investasi unggulan yang dijadikan andalan kedepannya yaitu bidang Agri Bisnis, Maritim Bisnis dan Wisata Bisnis.

Tiga investasi unggulan ini diluar potensi yang sudah lama dimilikinya dan dikembangkan Kota Dumai. Potensi ini mampu mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) jika dilaksanakan dengan baik berlandaskan regulasi aturan dan tata kelola investasi.

"Peluang PAD sangat besar, setidaknya, ketiganya memiliki potensi untuk dikembangkan dengan catatan aturan tidak saling dirugikan baik investor ataupun pemerintah," kata Zainal Abidin, SH tokoh masyarakat Dumai.

Lebih jauh Zainal Abidin, SH yang digadangkan sebagai Bakal calon kepala daerah, Kota Dumai ini. Menurut dia, Kota Dumai harus 'Bergerak untuk Maju' karena memiliki potensi Sumber Daya Alam (SDA) cukup melimpah pada bidang agro bisnis, maritim dan wisata.

"Daerah ini membutuhkan investor agar pengelolaan ketiga bidang SDA itu bisa dikelola secara maksimal dan memberikan kontribusi pada pendapatan asli daerah (PAD) maupun kesejahteraan masyarakat setempat," ujar Pimpinan DPRD Kota Dumai dua periode itu.

Menurutnya, masih banyak bidang lain yang bisa dikelola oleh investor di daerah ini, namun ketiga sektor itu merupakan unggulan daerah dan peluang PAD bagi daerah semakin tinggi. Jika ketiga bidang itu bisa dikelola secara maksimal yakin Kota Dumai berkembang dan keluar dari statusnya sebagai Kota tertinggal.

"Daerah semakin diuntungkan dengan penerimaan pajak dari investasi tersebut. Karena daerah akan semakin berkembang jika banyak investor yang menanamkan modalnya di daerah," tegas Politisi DPP PAN itu.

Tambahnya, masuknya investasi di Dumai, akan membuat daerah semakin berkembang. Selain itu, masuknya investasi tersebut juga diiringi penyerapan tenaga kerja lokal, dan memberikan banyak pilihan bagi masyarakat sebagai konsumen, dengan munculnya persaingan harga barang yang semakin sehat.

"Pemko dan DPRD Dumai harus sinergi memberikan kemudahan dan fasilitas bagi pengusaha atau perusahaan yang ingin menanamkan modalnya di Kota Dumai sejalan dengan program pemerintah pusat terkait investasi," tutup Zainal Abidin.*

Penulis: M Ridduan