• Home
  • Ekonomi
  • Bank Indonesia: Temuan Uang Palsu di Riau Meningkat

Bank Indonesia: Temuan Uang Palsu di Riau Meningkat

Kamis, 11 Juli 2019 09:38:00
BAGIKAN:
Net/Ilustrasi

RIAUPEMBARUAN.COM - Sepanjang triwulan I/2019 Bank Indonesia (BI) menemuan uang tidak asli (upal/uang palsu) meningkat jika dibandingkan dengan periode sama tahun 2018. Demikian diungkapkan Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Riau, Decymus, Kamis (11/7/19).

Ia menambahkan, pada triwulan I/2019 jumlah uang palsu tercatat sampai 139 lembar, atau mengalami kenaikan jumlah sebanyak 18 lembar (14,88%-qtq) jika dibandingkan dengan triwulan I/2018.

Uang palsu temuan BI pada triwulan I/2019 sebanyak 139 lembar itu terdiri dari 48 lembar mirip uang Rp100 ribu 74 lembar menyerupai pecahan Rp50 ribu, 13 lembar menyerupai pecahan Rp20 ribu, tiga lembar menyerupai uang Rp10 ribu, dan satu lembar menyerupai pecahan Rp5 ribu.

Decymus menyebut, upaya untuk mengantisipasi sebaran uang palsu sudah dilakukan dengan menjalin koordinasi dengan banyak pihak termasuk aparat kepolisian di Provinsi Riau.

Menurut Decymus, pada triwulan I/2018 total penemuan uang palsu mengalami penurunan hingga 21,91% (yoy) dari 178 lembar menjadi 139 lembar. Temuan uang tidak asli ini memang sebagian besar merupakan hasil pengaduan dari masyarakat.

"Meningkatnya jumlah pengaduan menandakan kesadaran masyarakat untuk mengetahui secara jelas perbedaan uang tidak asli kian positif di Riau," sebutnya.* (rtc/red)

Editor: Iwan Iswandi

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Pimpinan DPRD Riau Dukung Pemekaran Riau Pesisir

    RIAUPEMBARUAN.COM - Ketua DPRD Riau Indra Gunawan Eet mendukung bila dimunculkan isu pemekaran Provinsi Riau Pesisir yang s

  • Dua Mahasiswa Riau Raih Medali Emas Lomba Sains Internasional di Macau

    RIAUPEMBARUAN.COM - Tim Universitas Riau (UR) terdiri dari Firman dan Herfran, mengharumkan nama Riau dan Indonesia. Mereka

  • 19 Oktober 2019, Tim Pansel Buka Calon Pimpinan Bank Riau Kepri

    RIAUPEMBARUAN.COM - Sesuai yang telah direncanakan, Panitia Seleksi (Pansel) calon Pimpinan Bank Riau Kepri (BRK) telah dim

  • Ganti Rugi Lahan Tol Kandis - Dumai, Warga Bakal Somasi Kementerian PUPR

    RIAUPEMBARUAN.COM - Pembangunan proyek nasional Jalan Tol Kandis- Dumai masih menyimpan masalah. Hingga saat ini, proses ga

  • KOMENTAR