• Home
  • Bengkalis
  • Amril Mukminin Intruksikan Dinkes Bengkalis Dirikan Posko Dampak Kabut Asap

Amril Mukminin Intruksikan Dinkes Bengkalis Dirikan Posko Dampak Kabut Asap

Sabtu, 14 September 2019 09:03:00
BAGIKAN:
Bupati Bengkalis Amril Mukminin

RIAUPEMBARUAN.COM - Sejak beberapa hari terakhir kondisi kabut asap di provinsi Riau, termasuk di Kabupaten Bengkalis, semakin pekat. Kian membahayakan kesehatan. Malah sudah masuk pada level berbahaya.

Menyikapi kondisi tersebut, Bupati Bengkalis Amril Mukminin menginstruksikan Kepala Dinas Kadis Kesehatan (Kadiskes) kabupaten Bengkalis untuk segera membuka Posko kesehatan dampak kabut asap. Baik itu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas maupun di Puskesmas Pembantu (Pustu).

“Kami sudah instruksikan Kadis Kesehatan agar segera membuka Posko kesehatan dampak kabut asap di sarana pelayanan kesehatan (Yankes), baik di UPT Puskesmas maupun Pustu," jelas Bupati Amril Mukminin disampaikan Kadis Kominfotik Johansyah Syafri.

Bupati Amril Mukminin meminta Kadiskes menyiapkan satu ruangan yang refresentatif di setiap Posko kesehatan. Baik dari aspek tempat, peralatan dan tenaga medis untuk menangani pasien khusus dampak kabut asap.

"Untuk ruangan yang ber-AC, kami disarankan agar dapat menutup lubang jendela dengan kain yang senantiasa basah, supaya partikel asap tidak masuk ke dalam ruangan," sarannya.

Seluruh Camat di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini diminta berkoordinasi dengan pihak terkait, agar Posko kesehatan di setiap Yankes terbentuk.

“Serta melakukan tindakan-tindakan lain dengan cepat yang diperlukan untuk mengatasi dampak kabut asap. Seluruh Camat tidak boleh meninggalkan tempat, kecuali atas izin pimpinan atau untuk hal-hal yang memang tidak bisa diwakilkan," tegasnya.

Di bagian lain, mantan Kepala Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir ini kembali mengingatkan warganya untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan.

Kemudian, Bupati Amril Mukminin juga mengharapkan kesadaran warganya untuk menggunakan masker saat berada di luar ruangan.

“Sebab, kondisi di lapangan masih banyak kita lihat masyarakat yang tidak menggunakan masker," cakapnya.

Selain itu, kepada seluruh Perangkat Daerah terkait, Bupati Amril Mukminin juga mengintruksikan, jika memiliki persediaan masker, agar segera membagikan kepada masyarakat.* (ckp)

Editor: Rezi AP

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Setiap Hari 2.450 Warga Riau Terserang ISPA

    RIAUPEMBARUAN.COM - Semakin tebalnya asap akibat munculnya ratusan titik api di Riau, berdampak terhadap kualitas udara pad

  • Polisi Tangkap Kakek Terduga Pembakar Lahan di Inhil

    RIAUPEMBARUAN.COM - Seorang pria berusia 60 tahun diamankan aparat Kepolisian Resor Indragiri Hilir, Riau, atas dugaan pemb

  • BMKG Rilis Peringatan Dini Bahaya Kabut Asap

    RIAUPEMBARUAN.COM - BMKG merilis peringatan dini terkait karlahut. Peringatan dini BMKG adalah 'Waspada terhadap penuru

  • Kabut Asap, Pemko Pekanbaru Perpanjang Libur Sekolah

    RIAUPEMBARUAN.COM - Pemerintah Kota Pekanbaru memutuskan memperpanjang libur sekolah akibat tak kunjung membaiknya kondisi

  • KOMENTAR